Pages

Selasa, 19 Mei 2015

Conditional Sentence

Conditional sentence adalah complex sentence (kalimat majemuk) yang dibentuk dari subordinate clause yang diawali dengan subordinate conjunction if berupa condition (syarat) dan main clause berupa result/consequence (hasil).

Ada 4 tipe conditional sentence yang biasa digunakan, yaitu: tipe 1, tipe 2, tipe 3, dan tipe 0. Condition pada conditional sentence tipe 1 mungkin dipenuhi, tipe 2 tidak atau hampir tidak mungkin dipenuhi, tipe 3 tidak mungkin dipenuhi (unreal), sedangkan tipe 0 selalu terwujud karena merupakan scientific fact/kebenaran ilmiah.

Rumus Conditional Sentence

Rumus umum
Secara umum, rumus kalimat pengandaian ini adalah sebagai berikut:

if + condition, result/consequence
atau tanpa tanda baca koma:

result/consequence + if + condition
Rumus Conditional Sentence berbagai tipe

TypeRumus Conditional Sentence
0if + simple present, simple present
1if + simple present, will + bare infinitive
2if + simple past, would/could/might + bare infinitive
3if + past perfect, would/should/could/might have + past participle
Contoh Conditional Sentence
Berikut contoh conditional sentence pada berbagai tipe sesuai dengan rumus di atas.

TypeContoh Conditional Sentence
0If we burn paper, it becomes ash.
(Jika kita membakar kertas, itu menjadi abu.)
1If I meet himI will introduce myself.
(Jika saya bertemu dia, saya akan memperkenalkan diri.)
2If it rained tomorrow, I would sleep all day.
(Jika besok hujan, saya akan tidur sepanjang hari.)
3If you had remembered to invite me, I would have attended your party.
(Jika kamu ingat mengundang saya, saya akan hadir di pestamu.)
Negatif if + condition
Rumus: if... not dapat digantikan dengan unless.

Contoh conditional sentence: if... not dan unless:
Dengan menggunakan rumus negatif if, contoh conditional sentence seperti di bawah ini:
  • If the student do not understand, they will raise their hand to ask.
  • Unless the students understand, the will raise their hand to ask.
source: http://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-conditional-sentences

1 komentar:

  1. nama saya mrs Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada kreditur palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya menderita kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Singapura dan saya ditipu. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya menemukan seseorang yang membagikan kesaksian seorang pemberi pinjaman online yang disebut ibu Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan saya pinjaman sebesar 100 juta tanpa jaminan dan suku bunga yang terjangkau beberapa hari yang lalu.
    Setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank saya, saya terkejut melihat saldo akun saya dan menemukan jumlah yang saya lamar dikirim langsung ke akun saya oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik agar orang-orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda perlu meminjam pinjaman, hubungi Mrs. Rika Anderson melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari pergumulan keuangan Anda.

    BalasHapus